Friday, March 25, 2011

Manusia dan Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Derita adalah menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan dan bisa dibilang menyakitkan. Penderitaan merupakan realitas manusia di dunia ini. Penderitaan akan dialami oleh semua orang dan hal itu memang sudah menjadi resiko hidup yang telah ditakdirkan Allah SWT. Allah memberikan kenikmatan dan karunia kepada umat-Nya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang bertujuan untuk menyadarkan manusia dan selalu ingat akan hari akhir nanti. Dapat dikatakan bahwa penderitaan dalam hidup ini merupakan ujian yang diberikan Allah SWT. Apakah kita termasuk manusia yang beriman kuat? Seberapa tebalkah iman kita?

Ada 2 macam penderitaan, yaitu penderitaan fisik dan psikis. Penderitaan fisik adalah masalah dan cobaan yang dialami manusia secara lahir. Contohnya saja penyakit yang kita alami. Penyebab utamanya adalah takdir atau azab dari Allah SWT. Sedangkan penderitaan psikis adalah masalah dan cobaan yang dialami manusia secara mental dan bathin. Contohnya saja konflik yang dialami sesama teman yang terasa menyiksa bathin kita. Penyebab yang mendominasi penderitaan psikis adalah perbuatan buruk kita sendiri yang memancing emosi orang lain, atau sebaliknya sehingga timbullah perselisihan.

Dalam menyikapi setiap cobaan yang dialaminya, manusia memiliki sikap dan tanggapan yang berbeda-beda. Misalnya, orang yang menanggapi penderitaan yang dihadapinya dengan sikap yang negative. Seakan-akan tidak ada semangat hidup lagi, kecewa yang berlebihan, putus asa dan ingin bunuh diri contohnya. Namun, apabila kita melihat sisi lain di setiap penderitaan yang kita alami dan menyikapinya dengan hal yang positif, kita dapat termotivasi dan lebih menghargai hidup. Karena, seperti pepatah yang selama ini ada “Dibalik kesusahan pasti ada kebahagiaan”. Tentunya, sebagai manusia yang baik, kita harus bersikap positif terhadap semua masalah yang kita hadapi, dan tetap optimis untuk melanjutkan hidup agar lebih baik. Justru penderitaan yang dihadapi harus kita jadikan hal untuk memotivasi hidup kita dan kita jadikan pelajaran berharga sehingga kita tidak akan mengalami penderitaan yang sama. Dan hal yang perlu kita ingat sebenarnya bahwa jika Allah SWT memberi cobaan kepada kita, itu merupakan wujud kasih sayangnya karena dengan penderitaan, kita diberi peringatan dari-Nya untuk lebih mendekatkan diri kepada agama dan untuk bertobat.

0 comments:

Post a Comment