Thursday, October 21, 2010

Keluarga yang Baik

Keluarga merupakan kelompok dan bagian dari masyarakat yang terkecil. Keluarga terdiri dari seorang ayah sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seorang ibu yang mengurus kebutuhan keluarga, dan anak sebagai pelengkap kebahagiaan keluarga. Ayah dan ibu (orang tua) memiliki peran yang sangat penting dalam hal mendidik anaknya untuk menjadikan keluarga yang baik.

Tentunya, sebagai kelompok terkecil dalam masyarakat, keluarga merupakan media interaksi sosial pertama kita yang membangun persepsi awal kita tentang kehidupan sosial umum. Salah satunya adalah sebagai pembentuk kepribadian. Sebuah keluarga yang baik harus bisa menciptakan suasanayang kondusif dan memberi pengaruh positif untuk menjalani kehidupan setiap anggota keluarganya. Oleh karena itu, sebaliknya kepribadian seseorang juga dapat mencerminkan kepribadian dan pola hidup keluarganya.

Selain itu keluarga yang baik merupakan sekelompok orang yang bisa memberikan kenyamanan dan perlindungan kepada kita. Kita selalu merasa aman dan nyaman ketika berada di rumah bukan?

Keluarga juga merupakan tempat kita berkeluh kesah, sharing dan berbagi pengalaman. Pemberi solusi dan saran untuk setiap masalah yang kita hadapi. Kita juga dapat bertukar pengalaman dan berbagi cerita.

Kemudian keluarga merupakan faktor pendukung yang penting dalam menentukan kesuksesan kita nanti. Keluarga yang baik harus bisa menjadi motivator dan penyemangat untuk meraih cita-cita.

Masih banyak lagi fungsi keluarga lainnya. Tentunya kondisi keluarga yang baik pasti memberikan pengaruh yang baik pula bagi anggota keluarganya. Oleh karena itu, sebagai bagian dari keluarga, kita harus menciptakan suasana yang baik dan harmonis pula. Individu, keluarga yang baik akan menciptakan masyarakat yang baik.

:)

0 comments:

Post a Comment